BERITA
  • 02 Desember 2019
  • 0 Komentar
  • 317 Kali Dilihat
UPJA MAJU MANDIRI KEC. BANYUMAS MEMODIFIKASI ALSINTAN MENJADI MULTIGUNA

Banyumas – Dinas Pertanian Kab. Pringsewu Meninjau bantuan alsintan yang dimodifikasi multiguna, alsintan yang sebelumnya hanya digunakan untuk pengolahan lahan, akhirnya bisa digunakan oleh para petani di kecamatan banyumas kabupaten pringsewu. Bantuan alsintan dari pemerintah pusat melalui dinas pertanian itu sebelumnya hanya digunakan untuk pengolahan lahan kering, dapat difungsikan multiguna dengan pompa air.

Video uji coba Traktor Multiguna tersebut dapat dapat dilihat pada Channel Youtub Dinas Pertanian Kab. Pringsewu. Langkah ini diambil guna memaksimalkan pemanfaatannya melalui modifikasi traktor roda empat (TR4) multi guna.

https://www.youtube.com/watch?time_continue=6&v=LHtTQJI2xv4&feature=emb_title

“Untuk memaksimal pemanfaatan TR4 kami modifikasi sehingga bisa digunakan bukan cuma untuk pengolahan lahan, tp bs digunakan untuk mompa air dg kapasitas besar dan kedepannya akan kami rancang agar bisa digunakan dalam meratakan tanah dan galian saluran irigasi”, tutur pak Sartono ketua upja maju Mandiri kec. Banyumas.

Modifikasi pada traktor bermesin besar ini dilakukan pada bagian PTO. Sartono menyebut, bagian tersebut kemudian dimodifikasi dengan biaya mencapai  Rp 2,5 sampai Rp 3 juta dengan tetap mempertimbangkan dari segi efisiensi BBM nya, sehingga kini bantuan traktor bermesin besar tersebut bisa digunakan upja secara maksimal dalam pengolahan lahan kering dan juga dimanfaatkan untuk mengankat dari sungai pada saat kemarau. (20/3) (@Harzon. SP)